Pada saat melakukan pemijatan pada bayi bukan hanya bagian lengan, kaki, dan punggung saja yang dipijat seperti halnya pemijatan orang dewasa. Melainkan seluruh tubuh bayi yang perlu dipijat agar memberi khasiat di seluruh tubuh pada bayi, termasuk pula pada perutnya. Mungkin kedengarannya aneh, karena bagian perut merupakan bagian yang lebih lunak dan rawan untuk dilakukan penekanan. Namun dalam pemijatan perut disini tidak dengan cara demikian, tetapi dengan memberi rabaan dan sentuhan halus. Lebih-lebih untuk bayi. Nah, untuk itulah disini akan membahas seputar tips cara memijat bayi di bagian perut bayi dengan baik dan benar. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Langkah awal pada cara memijat bayi adalah membuat rabaan membentuk lingkaran kecil dengan menggunakan ujung jari telunjuk pada perut bayi.
  2. Pergunakanlah pijatan dengan jari telunjuk dengan metode pijatan “I Love U”, yaitu pijatan kecil yang membentuk suatu pola huruf I-L-U dari arah hadapan pada bayi.
  3. Bentuklah urut pemijatan lembut dengan huruf I pada bagian kiri bawah perut iga pada bayi.
  4. Bentuklah urut pemijatan bayi dengan huruf L yang melintang dari kanan ke kiri pada bagian tengah perut bayi.
  5. Bentuklah urut pemijatan pada bayi dari bagian kanan bawah perut bayi, hingga naik ke kanan atas bayi secara melengkung dengan bentuk huruf U dan menurun lagi ke arah kiri bayi.
  6. Lakukanlah masing-masing pola huruf dengan bolak balik namun berurutan. Semua gerakan tersebut di akhiri pada bagian perut kiri bayi.

Nah, begitulah cara memijat bayi di bagian perut. Jadi tak perlu khawatir lagi bila salah memijat perut si kecil. Asalkan mengikuti petunjuk yang benar. Lakukan pemijatan dengan hati-hati serta tunjukkan rasa kasih sayang setulus hati pada si kecil agar ia semakin tenang dan tidak berubah mood bayi menjadi kurang begitu nyaman. Untuk bagian perut bayi, bolehlah diberi sedikit saja tekanan, namun jangan sampai berlebihan karena dikhawatirkan akan terasa sakit.